Jumat, 25 November 2011

Manajemen Sumber Informasi

Peningkatan pemahaman komputer oleh pemakai mudahnya pemakai memperoleh hardware dan software memberikan kesadaran terhadap perusahaan bahwa memang dibutuhkan sistem komputerisasi. Sebagai contoh dua pemakai dalam area yang berbeda ingin mengembangkan sistem secara serentak untuk menyiapkan laporan yang sama, atau mereka masing-masing membeli paket software yang sama.

Maka, sebaiknya manajemen puncak dari perusahaan tersebut menetapkan penggunaan komputerisasi dalam organisasinya, yang akan berguna untuk mengetahui pencitptaan sumber informasi dan pengelolaanya. Perencanaan formal untuk manajemen informasi ini disebut Information Reseurces managemen (IRM) atau manajemen sumber inform asi. Jika sebuah perusahaan menerapkan IRM, maka harus ada tiga unsur utama, yaitu:

1. Eksekutif puncak bagian komputer melaporkan secara langsung kepada pimpinan dan ia diberi titel Chief Information Officer (CIO) atau kepala bagian informasi.

2. CIO turut ambil bagian dengan eksekutif lain dalam menyusunan rencana jangka panjang untuk organisasi.

3. Salah satu rencana jangka panjang tersebut harus dibuat agar kebutuhan informasi dapat memberi kepuasan pelayanan melalui komputerisasi personal (mikrokomputer), dengan penggunaan komputer remote dari terminal, penggunaan kompurisasi terpusat.

IRM adalah kebijaksanaan yang bersifat formal terhadap manajemen sumber informasi, dan akan menjadikankeadaan yang dinamis dan bahkan kondisi yang lebih baik dalam penggunaan komputer.

PENGENALANAN MANAJEMEN SUMBER INFORMASI

IRM adalah konsep manajemen sumber informasi yang mengenal informasi sebagai sumber organisasional utama yang harus dikelola dengan tingkat kepentingan yang sama seperti sumber organisasional dominan lain seperti orang, keuangan, peralatan & manajemen.

Tipe-tipe dari sumber informasi : Informasi umum, informasi dari para spesialis, para pemakai, fasilitas-fasilitas, database, software, hardware.

Informasi sebagai sumber strategis

• Informasi merupakan salah satu sumber yang dapat menghasilkan keuntungan kompetitif.
Caranya : Dengan memfokuskan pada pelanggan & membangun sistem informasi yang bisa meningkatkan arus informasi antara perusahaan dan elemen lingkungannya.
• Arus Informasi antara perusahaan dan pelanggan :
  1. Informasi yang menerangkan kebutuhan produk
  2. Keuntungan kompetitif dicapai apabila :
  3. Terjalinnya hubungan yang baik antara elemen-elemen
  4. Diperlukan arus informasi dengan semua elemen-elemen lingkungannya
  5. Pentingnya efisiensi operasi internal

IOS (Interorganizational Information System)

  • IOS merupakan sistem informasi yang digunakan oleh lebih dari satu perusahaan.
  • IOS fasilitator bertugas : menunjukkan para peserta bahwa dengan bekerja dalam sistem tsb mereka akan memperoleh keuntungan kompetitif.

CIO (Chief Information Officer)

  • Kepala bagian Informasi turut berperan dalam pembuatan keputusan penting dalam perusahaan & memberi laporan langsung ke eksekutif.
  • Sebutan lain dari CIO : Direktur SIM, Vice President SIM
  • Tugas CIO :

1. Mempelajari bisnis & teknologinya

2. Menjalin kemitraan dengan unit bisnis & manajemen

3. Fokus memperbaiki proses bisnis dasar

4. Memperkirakan biaya sistem informasi dalam bisnis

5. Membangun kredibilitas dengan mengirim service yang terpecaya.

SPIR ( Strategic Planning for Information Resources)

  • Perencanaan strategic merupakan perencanaan yang paling memerlukan perhatian. Karena memerlukan perkiraan yang matang untuk dapat mencapai tujuan organisasi pada masa sekarang dan akan datang.
  • Gagasan utama dari SPIR adalah adanya hubungan antara tujuan perusahaan secara keseluruhan dengan sumber-sumber informasi. Sumber-sumber informasi harus digunakan untuk pencapaian tujuan.
  • Perencanaan yang digunakan Top Down : Langkah pertama adalah menentukan tujuan organisasi kemudian direncanakan aktifitas setiap unit perusahaan.
  • Pendekatan-pendekatan Top Down

1. BSP IBM (Business System Planning)

  • Pendekatan studi total
  • Setiap manajer diinterview untuk menentukan kebutuhan informasi, kemudian sistem diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan informasi.

2. CSF (Critical Success Factor)

  • Perencanaan sumber informasi dengan mengidentifikasi kunci keberhasilan yang nenentukan keberhasilan dan kegagalan

3. Transformasi susunan strategis

Misi, Tujuan, strategi dari perusahaan merupakan dasar tujuan, batasan, strategi perencanaan sistem.

Proses pentransformasian dari susunan strategi organisasi menjadi susunan strategi SIM dinamakan proses perencanaan strategi SIM

Usaha-usaha yang diperlukan untuk mencapai IRM yang sukses adalah :

  • Perusahaan berusaha untuk menggunakan informasi untuk mencapai keuntungan kompetitif.
  • Para eksekutif harus menyadari bahwa pelayanan informasi sebagai area fungsional.
  • Para eksekutif harus mengakui keberadaan CIO.
  • Para eksekutif harus memasukkan sumber-sumber informasi dalam perencanaan strategi.
  • Adanya perencanaan strategi formal untuk sumber-sumber informasi
  • Perencanaan strategis juga mengatur pemakai komputer.

Selasa, 15 November 2011

how to wear maxi skirt




apa itu maxi skirt ? di dalam bahasa indonesia maxi skirt itu rok panjang. ukuran panjangnya sampai mata kaki. nah kebanyakan ramaja perempuan sangat menghindari rok panjang semata kaki ini, karena kebanyakan dari mereka menganggap rok ini membuat mereka tampak terlalu formal ataupun terlihat tua. padahal, kalo dikombinasikan dengan tepat, rok ini bisa bikin kita menjadi pusat perhatian loh. asal jangan berlebihan, rok ini bisa bikin kita tampak stylish bahkan lebih tinggi.

tips:
  • pakai printed t-shirt, jangan pakai t-shirt yang terlalu ngepres sama badan kita. karena nanti akan terlihat tidak terlalu bagus pada hasilnya
  • nah, ini nih yang bisa bikin efek kita lebih tinggi dari biasanya, wedges. jangan pake high heels, karena high heels tidak memberikan casual. atau pake high heels which have thick heels. dijamin badan kita lebih terlihat semampai.
  • alternatif buat yang gak bisa berjalan dengan heels seperti saya sendiri, bisa menggunakan sendal gladiator aksen tali simpel, membuat kaki terlihat terbuka membuat tampak jenjang.


nah, sekian dulu tips-tips dari saya. semoga bermanfaatkan dan bisa diterapkan di dalam style sehari-hari anda :D

Rabu, 09 November 2011

Komunikasi Data

Dipostingan kali ini saya membahas tentang Komunikasi Data, tapi apa itu Komunikasi Data ? Komunikasi data adalah merupakan bagian dari telekomunikasi yang secara khusus berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data dan informasi diantara komputerkomputer dan piranti-piranti yang lain dalam bentuk digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data. Data berarti informasi yang disajikan oleh isyarat digital. Komunikasi data merupakan baguan vital dari suatu masyarakat informasi karena sistem ini menyediakan infrastruktur yang memungkinkan komputer-komputer dapat berkomunikasi satu sama lain.

adapun komponen Komunikasi Data, sebagai berikut:
· Pengirim, adalah piranti yang mengirimkan data
· Penerima, adalah piranti yang menerima data
· Data, adalah informasi yang akan dipindahkan
· Media pengiriman, adalah media atau saluran yang digunakan untuk mengirimkan data
· Protokol, adalah aturan-aturan yang berfungsi untuk menyelaraskan hubungan\


source: web wahid

Selasa, 25 Oktober 2011

E-commerce

Apa itu E-commerce ? bagi sebagian besar orang pasti belom paham apa kata tersebut, tapi banyak orang yang belum sadar kalo e-commerce sudah jadi bagian kehidupan sehari-hari mereka dalam menggunakan teknologi internet. Electronic commerce, juga e-commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
untuk memperjelas, anda tau online shopping ? contoh web jual-beli di indonesia
  • kaskus.us (disini semua bisa ditemuin dari kaos, sampe alat-alat elektronik)
  • tokobagus.com (barang bekas dan barang baru ada disini)
  • kutukutubuku.com (buat yang males ke toko buku atau kehabisa stock buku, bisa pesan buku disini)
  • bhinneka.com (nah, yang ini buat beli atau sekedar ngecheck harga komputer sampe perlengkapannya dengan harga yang lebih murah)
nah, ini nih faktor suksesnya e-commerce:
  1. Menyediakan harga kompetitif
  2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
  3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
  4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
  5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
  6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
  7. Mempermudah kegiatan perdagangan.
tapi ada juga nih yang harus di waspadain :
  1. Penipuan dengan cara pencurian dan membohongi pelanggan.
  2. Hukum yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce ini.

biasanya penjual dan pembeli seperti di indonesia, kebanyakan mereka berhubungan dengan sms, telepon dan email. cara membayarnya biasanya lewat transfer bank. jadi e-commerce ini kebanyakan menggunakan asas "sama-sama percaya" bagi penjual maupun pembeli.

Kamis, 20 Oktober 2011

Brand Ternama dan Teknologi

Siapa yang tidak memakai teknologi pada abad ini ? apalagi tahun ini sedang marak-maraknya teknologi baru yang sedang digilai oleh masyarakat dunia. jangan heran apabila sedang dijalan melihat anak muda sibuk dengan Blackberry-nya, atau di mall-mall mewah pengunjung sibuk berjalan sambil menenteng si "black apple" yang sedang digilai oleh pecinta teknologi Apple. Nah, maka dari itu rumah-rumah busana mode kelas atas tidak mau dianggap ketinggalan jaman. mereka sadar betapa pentingnya teknologi untuk mendongkrak popularitas label mereka. Dengan menyisipkan teknologi-teknologi canggih pada kampanyenya, mereka mengharapkan brand mereka membuat pelanggan setia mereka memuja-muja koleksi terbaru atau bahkan mendapat pelanggan setia baru.
kebanyakan brand ternama dunia sudah mempunya website khusus untuk online shop atau untuk mempromosikan koleksi-koleksi busana new season mereka. mulai dari topshop.com, mango.com, zara.com, louisvuitton.com, gucci.com, burberry.com sampai yang paling digilai oleh pecinta mode seluruh dunia christianlouboutin.com.
Tak sedikit perancang-perancang busana mendesain beberapa pelengkap teknologi. berbeda dengan brand-brand manapun, kali ini burberry berhasil menggebrak para undangan yang hadir pada pegelaran busananya yang bisa dibilang sangat HI tech !
Pada saat mengadakan fashion show di beijing, china. burberry mengusung tema hologram runway show yang membuat semua orang berdecak kagum.
*burberry mengunakan teknologi hologram

Seperti sihir, model-model melenggak diatas runway diikuti dengan lusinan hologram model itu sendiri.
Lain di Beijing lain lagi di London, burberry menggunakan Teknologi 3-D pada video fashion show Burberry yang ditampilkan di sebuah screen besar saat acara berlangsung. Hal itu bertujuan agar para tamu yang datang dapat melihat detil busana yang dipamerkan dengan jelas.

"Teknologi 3-D akan memperluas pasar kami. Detil koleksi kami lebih jelas terlihat, ditambah dengan efek suara yang mengaggumkan," ujar Christopher Bailey, chief creative officer Burberry, dilansir Female First.

Di ajang London Fashion Week, Burberry tak hanya memukau penonton di London, tetapi juga Los Angeles, New York, dan Tokyo. Burberry menampilkan video fashion show 3-Dnya ke negara-negara lain secara live.

"Kita bisa membagi atmosfer dan energi fashion show ini ke seluruh dunia," ujar Bailey lagi.



source: okezone


Kamis, 13 Oktober 2011

Database : ORACLE


Sebagaimana kita tahu, gunadarma mempunyai fasilitas iLab bagi mahasiswanya dan seluruh kegiatan yang berhubungan dengan iLab berlangsung di gedung H. Sesaat kita mengaktifkan komputer yang ada di iLab, maka kalian semua akan tertuju pada tulisan ORACLE pada monitor. Apa itu Oracle ?

Oracle adalah basis data relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen basis data RDBMS. Oracle bersifat platform, yang artinya basis data Oracle dapat dijalankan pada banyak jenis dan merk perangkat keras komputer. sedangkan basis data adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.
Sejarah singkat Oracle, dikembangkan pertama kali oleh Larry Ellison, Bob Miner dan Ed Oates lewat perusahaan konsultasinya yang pada awalnya bernama Software Development Labotories (SDL) pada tahun 1977 kemudian berubah namanya menjadi Oracle Corporation dari tahun 1983 sampai dengan saat ini.
Oracle menekankan pada platform menengah seperti UNIX dan Linux. Sekitar pertengahan tahun 1980an, Larry mendiversifikasi produk Oracle (versi 6.x) keluar mainframe, yaitu ke sistem operasi Unix. Selanjutnya tahun 1996 Oracle Corp mendiversifikasi Oracle (versi 7.x) ke sistem operasi Novell Netware, Windows NT, dan Linux (versi 8.x, tahun 1997). Mulai pertengahan tahun 1990an Oracle Corp mulai membuat juga produk-produk nondatabase-server seperti application server (WebDB, OAS), development tools (Oracle Developer, Oracle Designer), dan application suite (Oracle Apps).
Oracle Server menyediakan solusi yang efisien dan efektif karena kemampuannya dalam hal sebagai berikut :
• Dapat bekerja di lingkungan client/server (pemrosesan tersebar)
• Menangani manajemen space dan basis data yang besar
• Mendukung akses data secara simultan
• Performansi pemrosesan transaksi yang tinggi
• Menjamin ketersediaan yang terkontrol
• Lingkungan yang ter-replikasi



Senin, 18 Juli 2011

whoof !

I'm back !

well, i already decide what should i choose between informatics management or french literature. well, it was big decision for me, and i know its not easy. i have to think about my future too. and after the complecated process, finally, eng ing eeeeng, i pick informatics management ! yay :D

decision, decision . . .

i hate to choose actually, and yay finally i can choose my own way ;'D

bye unpad, see ya soon. next year. hello international relations ! (next year), and halloooo gunadarmaa depookkk ! im coming :p