Kamis, 13 Oktober 2011

Database : ORACLE


Sebagaimana kita tahu, gunadarma mempunyai fasilitas iLab bagi mahasiswanya dan seluruh kegiatan yang berhubungan dengan iLab berlangsung di gedung H. Sesaat kita mengaktifkan komputer yang ada di iLab, maka kalian semua akan tertuju pada tulisan ORACLE pada monitor. Apa itu Oracle ?

Oracle adalah basis data relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen basis data RDBMS. Oracle bersifat platform, yang artinya basis data Oracle dapat dijalankan pada banyak jenis dan merk perangkat keras komputer. sedangkan basis data adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.
Sejarah singkat Oracle, dikembangkan pertama kali oleh Larry Ellison, Bob Miner dan Ed Oates lewat perusahaan konsultasinya yang pada awalnya bernama Software Development Labotories (SDL) pada tahun 1977 kemudian berubah namanya menjadi Oracle Corporation dari tahun 1983 sampai dengan saat ini.
Oracle menekankan pada platform menengah seperti UNIX dan Linux. Sekitar pertengahan tahun 1980an, Larry mendiversifikasi produk Oracle (versi 6.x) keluar mainframe, yaitu ke sistem operasi Unix. Selanjutnya tahun 1996 Oracle Corp mendiversifikasi Oracle (versi 7.x) ke sistem operasi Novell Netware, Windows NT, dan Linux (versi 8.x, tahun 1997). Mulai pertengahan tahun 1990an Oracle Corp mulai membuat juga produk-produk nondatabase-server seperti application server (WebDB, OAS), development tools (Oracle Developer, Oracle Designer), dan application suite (Oracle Apps).
Oracle Server menyediakan solusi yang efisien dan efektif karena kemampuannya dalam hal sebagai berikut :
• Dapat bekerja di lingkungan client/server (pemrosesan tersebar)
• Menangani manajemen space dan basis data yang besar
• Mendukung akses data secara simultan
• Performansi pemrosesan transaksi yang tinggi
• Menjamin ketersediaan yang terkontrol
• Lingkungan yang ter-replikasi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar