Senin, 09 April 2012

Wawasan Nusantara

INDONESIA adalah negara kepulauan, dengan 5 pulau besar dan berjuta-juta pulau kecil disekelilingnya. tapi sayangnya hanya segelintir dari berjuta-juta pulau kecil yang mempunyai penduduk. sebagian besar dari pulau-pulau kecil tersebut tidak berpenghuni. ketidak merataan penyebaran penduduk yang hanya berpusat di pulau-pulau besar seperti pulau jawa saja memberi dampak popoluasi berlebihan di pulau jawa. padahal beribu-ribu pulau di wilayah indonesia tidak mempunyai penghuni bahkan sebagian besar tidak mempunyai nama. hal inilah yang sangat disayangkan dengan berpusatnya populasi di pulau-pulau besar saja. sebagai mana kita tau, pemerintah menyediakan program transmigrasi dimana penduduk dari pulau-pulau besar berpindah tempat tinggal ke daerah yang jarang berpenghuni untuk memulai hidup baru sekaligus membangun daerah yang jarang berpenghuni. tapi yang dirasa kurang efektif karena sebagian besar keluarga yang bertransmigrasi juga tidak mendapatkan hidup yang lebih layak di tempat tinggal baru mereka. berikut artikel tentang kepulauan indonesia:

Natuna (ANTARA) - Badan Pengelola Perbatasan (BPP) Natuna akan mengusulkan di tahun 2013 salah satu dari tujuh pulau terluar di Natuna, yakni Pulau Senoa sudah berpenghuni sebagai salah satu wujud suatu pemerintahan yang menandakan kedaulatan NKRI.

Kepala Seksi Perencanaan BPP Natuna, Hamid Hasnan mengemukakan usulan tersebut, Senin di Ranai.

"Di tahun 2013 nanti, BPP Natuna akan mengusulkan program di salah satu pulau terluar, yakni Pulau Senoa Berpenghuni", katanya.

Ia mengharapkan seluruh pulau terluar yang ada di Kabupaten Natuna mencapai tujuh pulau tersebut akan dilakukan program tersebut.

"Untuk tahapan pertama akan kita lakukan untuk Pulau Senoa yang merupakan lokasi prioritas I berbatasan langsung dengan Negara Malaysia," ujarnya.

Program ini, lanjutnya merupakan salah satu perwujudan bentuk kedaulatan NKRI, dengan menyelenggarakan pemerintahan seklipun hanya tingkatan terendah yakni Rukun Tetangga," katanya.

Ia mengatakan, nantinya program tersebut akan dimulai dengan pembebasan semua lahan, pembangunan infrastruktur berupa dermaga tambat perahu dan penyediaan alat transportasi.

"Dan yang jelas membangun rumah-rumah penduduk sekitar untuk 20 KK dan disediakan TK/SD satu atap dan berikut perumahan guru dan musalla," ujarnya.

Selain itu, penerangan bisa saja dari tenaga hybrid, infrastruktur jalan lingkungan dan infrastruktur penunjang pariwisata.

"Agar penduduk betah, kita harus mempersiapkan adanya kegiatan, salah satunya bagaimana menarik wisatawan asing datang ke Pulau Senoa, misalnya ada penangkaran penyu yang melibatkan masyarakat di sana," jelasnya.

Sementara untuk insentif, masih diperlukan dan tentu saja mengembangkan potensi kelautan, yakni nelayan. "Jadi, pulau terluar tidak lagi disimbolkan dengan patung, patung tidak bisa bicara," katanya.

Kabupaten Natuna memiliki tujuh pulau terluar yang berada di lima kecamatan, yakni Kecamatan Bunguran Timur dengan Pulau Senoa yang ditetapkan sebagai lokasi prioritas I.

Lopri II di Kecamatan Pulau Laut dengan tiga pulau terluar, yakni Pulau Sekatung, Semiun dan Sebetul. Sementara itu, lopri III di Kecamatan Serasan, yakni Pulau Cempala.

"Sedangkan lopri III l di lainnya, yakni Tokong Boro di Klarik dan Subi Kecil yang sudah berpenghuni 4000 jiwa dengan luas tujuh km2 di Kecamatan Subi," katanya.

source: yahoo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar